Klasis Kota Kupang Berbagi, Bersama Korban Bencana Alam di Jemaat Efrata Siumate dan Jemaat Sion Uel Klasis Fatuleu Barat

Gereja-gereja yang ada di Wilayah Klasis Kota Kupang bersama para donatur, mengumpulkan dana dan sembako bagi korban bencana alam banjir bandang Jemaat Efrata Siumate dan Jemaat  Sion Uel di Klasis Fatuleu Barat.

Pada tanggal 29 Desember 2022, curah hujan yang begitu lebat disertai angin kencang melanda Kabupaten Kupang dan sekitarnya mengakibatkan debit air sungai naik melebihi batas tanggul penahan bibir sunggai, sehingga tanggul penahan rusak dan menenggelamkan puluhan rumah warga yang berada di Jemaat Efrata Siumate dan Jemaat Sion Uel Klasis Fatuleu Barat. Mengakibatkan banyak rumah rusak berat dan kehilangan harta benda. Tapi puji Tuhan tidak ada korban dalam bencana banjir bandang ini.

Berdasarkan berita bencana alam yang tersiar, Majelis Klasis Kota Kupang dengan sigap dan cepat menginformasikan kepada Gereja-gereja melalui surantnya No.239/GMIT/II/F/Des/2022 tertanggal 30 Desember 2022 tentang Permohonan Bantuan kemanusian bagi korban bencana alam di Klasis Fatuleu Barat, untuk segera dikumpulkan. Informasinya kemudian diedarkan dan disampaikan dalam kebaktian melalui warta mimbar.

Posko pun dibuka diKantor Klasis Kota Kupang terhitung mulai tanggal, 31 Desember 2022 sampai dengan tanggal, 6 Januari 2023. Beberapa bantuan mulai berdatangan dari seluruh gereja yang ada diWilayah Klasis Kota Kupang beserta para donatur yang turut memberikan bantuan secara langsung, berupa sembako dan uang tunai. Penggalangan bantuan dilakukan secara cepat, mengingat korban banjir bandang harus segera ditolong.

Kemudian bantuan-bantuan yang telah diterima diposko Klasis Kota Kupang, disortir dengan baik untuk siap dibagikan ke korban bencana alam, ada yang berupa sembako, pakaian layak pakai, selimut beserta uang tunai.

Dan pada tanggal, 7 Januari 2023 Tim yang dipimpin Oleh Ketua Majelis Klasis Kota Kupang Pdt. Jeheskial Adam, S.Th, M.Hum bersama rombongan tim melakukan perjalanan darat dengan membawa bantuan keJemaat Efrata Siumate dan Jemaat Sion Uel di Klasis Fatuleu Barat. Dalam perjalanan yang cukup panjang dengan dilalui beberapa ruas jalan yang rusak beserta jembatan yang putus diakibatkan curah hujan dan angin yang besar, Puji Tuhan tim tiba dilokasi bencana pertama Jemaat Efrata Siumate, tim disambut dengan baik oleh Pdt. Viktor Toto, S.Th Ketua Majelis Jemaat GMIT Efrata Siumate beserta warga Jemaat para korban becana alam dan satgas digedung kebaktian, setelah doa bersama ketua Tim Pdt. Jeheskial Adam, S.Th, M.Hum dalam suara gembala menyampaikan bahwa kami para Pendeta dan Jemaat yang ada diWIlayah Klasis Kota Kupang turut merasakan duka yang mendalam atas kejadian ini. Dan kami hari ini hadir disini merupakan satu bagian yang terpisahkan atas persitiwa yang melanda Jemaat disini. Kemudian bantuan disalurkan kepada para korban yang berada di Jemaat Efrata Siumate. Dan perjalanan dilanjutkan dengan melihat kondisi rumah para korban bencana alam yang diterjang banjir bandang tersebut, kondisi pilu dirasakan ketika melihat banyaknya rumah yang rusak berat hingga ringan akibat peritiwa tersebut.

Perjalanan diakhir dengan Tim tiba dilokasi kedua Jemaat Sion Uel yang jaraknya sekitar 3 km dari Jemaat Efrata Siumate, tim disambut baik oleh Pdt. Lia Laubura, S.Th Ketua Majelis Jemaat Sion Uel bersama para korban bencana, dan sambutan yang sama disampaikan oleh Ketua Majelis Klasis Kota Kupang kepada warga jemaat yang menjadi korban bencana alam banjir bandang. Kemudian Tim membagikan bantuan kepada Jemaat digedung Kebaktian Jemaat Sion Uel. Setelah bantuan disalurkan, tim melakukan perjalanan untuk kembali ke Kupang dan Puji Tuhan bahwa semua bantuan terselaurkan dengan baik, bahkan diterima dengan Puji Syukur dari korban banjir bandang. Tim tiba dengan sengan selamat diKupang atas tuntunan Tuhan.